Bola  

5 Stadion yang Telah 30 Tahun Jadi Markas Tim J League

Urawa Komaba Stadium

Sabtu, 29 April 2023 – 10:00 WIB

VIVA Bola – Mei 2023 mendatang, J League akan genap 30 tahun. Kompetisi kasta tertinggi sepakbola Jepang itu memunculkan beberapa fakta menarik, salah satunya mengenai stadion yang menjadi markas tim kontestannya.

Lima stadion ini sudah menjadi markas tim J League sejak musim pertama pada 1993. Sampai sekarang masih juga digunakan, sehingga kesan legendaris tertempel.

Yang pertama adalah Kawasaki Todoroki Stadium. Memiliki kapasitas 26.323 penonton, stadion ini pertama kali dibuka pada 1962. Dua kali mengalami renovasi, yakni pada 1995 dan 2015.

IAI Stadium Nihondaira

Kawasaki Frontale adalah tim yang menjadikan stadion ini sebagai markas. Pada 2000, sejumlah klub lain, seperti Verdy Kawasaki (Tokyo Verdy), Toshiba (Consadole Sapporo), dan NKK SC juga bermarkas di sana.

NHK Spring Mitsuzawa Football Stadium menjadi juga telah 30 tahun digunakan untuk menggelar pertandingan J League. Yang menggunaknnya adalah Yokohama FC.

Halaman Selanjutnya

Yokohama F. Marinos juga tercatat pernah menggunakan stadion dengan kapasitas 15.454 penonton tersebut sebagai kandang. Selain mereka ada tim lain, yakni YSCC Yokohama dan Nittaidai Ladies FC.

img_title

Sumber: www.viva.co.id