Bola  

Alasan FIFA soal Fasilitas Penerbangan Langsung Israel ke Qatar di Piala Dunia 2022

La'eeb maskot Piala Dunia 2022

Jumat, 11 November 2022 – 14:05 WIB

VIVA Bola – FIFA mengumumkan pada hari Kamis, 10 November mengenai pengoperasian penerbangan charter langsung antara Tel Aviv dan Doha selama Piala Dunia 2022, dan Qatar menekankan bahwa sikapnya tetap tidak menormalisasi hubungan dengan Israel, hal itu tetap tidak akan berubah.

Melansir dari Aljzeera, FIFA mengatakan pihaknya menengahi kesepakatan untuk mereka yang memegang tiket pertandingan dan kartu ID fan Hayya yang valid untuk dapat menggunakan penerbangan dari Bandara Ben Gurion di Tel Aviv ke Bandara Internasional Hamad Doha selama acara yang berlangsung sebulan itu.

Timnas Amerika Serikat tiba di Qatar jelang Piala Dunia 2022.

Timnas Amerika Serikat tiba di Qatar jelang Piala Dunia 2022.

Kartu ID Hayya adalah dokumen identifikasi pribadi yang dikeluarkan dan diperlukan untuk setiap orang yang menghadiri pertandingan. Setidaknya 8.000 warga Palestina dan 3.900 warga Israel telah mengajukan permohonan kartu Hayya.

Presiden Federasi, Gianni Infantino mengatakan bahwa perjanjian tersebut memungkinkan penonton dari Israel dan Palestina untuk mengunjungi Qatar dan menghadiri pertandingan selama Piala Dunia 2022 berlangsung.

“Dengan kesepakatan ini, warga Israel dan Palestina akan dapat terbang bersama dan menikmati sepakbola bersama,” kata Infantino dalam sebuah pernyataan yang dilansir dari Aljazeera.

Namun FIFA tidak memberikan rincian spesifik tentang bagaimana warga Palestina dapat memanfaatkan penerbangan tersebut, karena Israel sangat membatasi akses ke Ben Gurion untuk penduduk Palestina.

Sumber: www.viva.co.id