Bola  

Bikin Kroasia Gigit Jari, Argentina Catatkan Final ke-6 Piala Dunia

Aksi Julian Alvarez bobol gawang Kroasia di semifinal Piala Dunia 2022

Rabu, 14 Desember 2022 – 04:52 WIB

VIVA Bola – Argentina tampil mengerikan di semifinal membara Piala Dunia 2022. Mereka memastikan tiket ke final usai membantai Kroasia  3-0 di Lusail Iconic Stadium, Minggu 14 Desember dini hari WIB.

Tiga gol dari Albiceleste dicetak oleh Lionel Messi (penalti 43′), dua gol lainnya dicatatkan Julian Alvarez (39′ dan 69′). 

Kemenangan ini, sekaligus menandai keenam kalinya Argentina ke final Piala Dunia. Hanya saja, dari 5 final sebelumnya, Argentina hanya mampu 2 kali menjadi juara.

Selebrasi Lionel Messi usai bobol gawang Kroasia

Selebrasi Lionel Messi usai bobol gawang Kroasia

Argentina sukses mengangkat trofi yakni saat Piala Dunia 1978 dan 1986.  La Albiceleste pertama kali menembus final Piala Dunia terjadi pada edisi perdana tahun 1930 silam.
 
Mengutip dari berbagai sumber, performa Tim Tango dalam kompetisi yang berlangsung di Uruguay tersebut sudah terlihat sangat menjanjikan bahkan sejak fase grup. Argentina berhasil menyapu bersih kemenangan di babak grup, dengan mengungguli Prancis (1-0), Meksiko (6-3), serta Chile (3-1). 

Masuk babak semifinal, mereka makin mengerikan dengan menggulung Timnas Amerika Serikat dengan skor telak 6-1. Guillermo Stabile dan Carlos Peucelle menjadi bintang kemenangan dengan masing-masing mencetak 2 gol. 

Tapi sayang, saat laga puncak final melawan tuan rumah Uruguay terjadi antiklimaks bagi Timnas Argentina. Mereka sempat unggul 1-2 pada babak pertama melalui gol Peucelle dan Stabile, tapi performa mereka menurun drastis pada paruh kedua.

Sumber: www.viva.co.id