Bola  

FIFA Tolak Permintaan Timnas Denmark Pakai Kaus Training tentang HAM

Timnas Denmark merayakan gol

Jumat, 11 November 2022 – 13:30 WIB

VIVA Bola – FIFA menolak permintaan Asosiasi Sepakbola Denmark (DBU) yang berniat mengenakan kaus latihan dengan tulisan ‘human rights for all (hak asasi manusia untuk semua)’ saat Piala Dunia di Qatar. Dilansir dari ESPN, penolakan tersebut terjadi pada 10 November 2022.

Sejak tahun lalu, DBU sudah kritis terhadap HAM para pekerja di Qatar. Dengan mengenakan kaus tulisan tersebut, mereka ingin menyuarakan kritiknya. 

Qatar sendiri berada di bawah tekanan kuat atas perlakuannya terhadap pekerja dan undang-undang sosial yang membatasi, membuat sejumlah tim yang berpartisipasi menyuarakan keprihatinan. Namun negara Timur Tengah ini membantah telah mengeskpolitasi pekerja. 

Pemain Timnas Denmark merayakan gol

Pemain Timnas Denmark merayakan gol

“Kami mendapat pesan dari FIFA bahwa kaus latihan yang digunakan pemain kami untuk berlatih, di mana tertulis human rights for all di bagian depan perut kaus, telah ditolak karena alasan yang sangat disesalkan,” kata Kepala Eksekutif DBU Jakob Jensen. 

Pihak FIFA memilih ogah berkomentar lebih lanjut perihal ini. Dalam aturan FIFA memang setiap peralatan tim tidak boleh memiliki slogan, pernyataan, atau gambar politik, agama, atau bersifat pribadi.

“Kami percaya pesan human rights for all bersifat universal dan bukan panggilan politik, tapi sesuatu yang semua orang bisa dukung,” sambung Jensen. 

Sumber: www.viva.co.id