Bola  

Pele Membawa Nama Brasil Mendunia

Legenda Timnas Brasil, Pele

Jumat, 30 Desember 2022 – 11:42 WIB

VIVA Bola – Nama Pele memang sangat besar di Brasil. Bahkan, setelah kematiannya, Brasil mengumumkan masa berkabung resmi di seluruh negeri, untuk jangka waktu tiga hari, terhitung sejak tanggal diterbitkannya Surat Keputusan ini sebagai tanda duka cita atas meninggalnya Pele. Hal ini ditandatangani oleh Presiden Brasil, Jair Bolsonaro.

Kematian Pele menggerakkan warga Brasil untuk memberikan penghormatan kepada ikon pemain legendaris itu.

Presiden Bolsonaro menulis di Twitter bahwa Pele “melalui sepak bola, membawa nama Brasil ke dunia. Dia mengubah sepak bola menjadi seni dan kegembiraan. Semoga Tuhan menghibur keluarga Anda dan menyambut Anda dalam rahmat-Nya yang tak terbatas,” tulisnya berduka. 

Legenda Timnas Brasil, Pele

Legenda Timnas Brasil, Pele

Presiden terpilih, juga Luiz Inacio Lula da Silva menggambarkan dirinya sebagai salah satu orang Brasil yang memiliki hak istimewa yang dapat mengalami “pertunjukan” yang dilakukan Pele.

“Saat mendapatkan bola, dia selalu melakukan sesuatu yang istimewa, yang seringkali berakhir dengan gol,” kenang Lula di Twitter. “Beberapa orang Brasil membawa nama negara kami sejauh yang mereka lakukan,” katanya, melansir Anadolu Agency

Lula mengatakan Pele akan ditemani pemain sepak bola hebat di surga, yaitu Coutinho, Didi, Garrincha, Nilton Santos, Socrates dan Maradona, dan menambahkan tidak akan pernah ada lagi “Nomor 10 seperti dia. Terima kasih, Pele.”

Halaman Selanjutnya

Peringatan untuk Pele akan berlangsung Senin setelah jenazah Pele meninggalkan Sao Paulo.

img_title

Sumber: www.viva.co.id