Bola  

Resmi Berstatus WNI, Sandy Walsh dan Jordi Amat Masih Harus Urus KTP dan Paspor

Sandy Walsh mengibarkan bendera Merah Putih.

Kamis, 17 November 2022 – 15:40 WIB

VIVA Bola – Sandy Walsh dan Jordi Amat masih harus menjalani beberapa proses untuk bisa memperkuat Timnas Indonesia kendati keduanya kini telah sah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) usai menjalani sumpah dan janji setia, pada Kamis 17 November 2022.

Dua pemain blasteran itu menjalani sumpah sebagai WNI di Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) DKI Jakarta.

Meski telah menjadi WNI, Sandy Walsh dan Jordi Amat kini berpacu dengan waktu untuk mengurus berbagai berkas dan dokumen jika ingin menjalani debutnya di Piala AFF 2022.

Ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan alias Iwan Bule menjelaskan bahwa Sandy dan Jordi masih harus menjalani pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK) hingga paspor.

Selain itu, kedua pemain juga harus mengurus perpindahan federasi sepak bola dari negara sebelumnya ke PSSI. Sandy pindah dari KNVB (Belanda), sementara Jordi Amat dari RFEF (Spanyol).

“Proses selanjutnya kami sampaikan kawan-kawan, adalah pembuatan KK, kemudian KTP, dan Paspor Indonesia. Hari ini juga saya akan antar dua-duanya ke Dukcapil, ini supaya segera proses KK, paspor, dan KTP segera selesai,” kata Iwan Bule kepada wartawan.

Nantinya tentunya ada surat kita ke FiFA tentang perubahan federasi dari Spanyol dan Belanda ke federasi Indonesia, yaitu ke PSSI,” sambungnya.

Lebih lanjut, Iwan Bule berharap, prosesnya bisa segera terselesaikan. Ini semua agar Jordi Amat dan Sandy Walsh bisa membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2022.

“Oleh sebab itu sekali lagi mohon doanya dari teman-teman agar proses ini cepat segera selesai, sehingga mereka bisa memperkuat Timnas kita yang akan main di Piala AFF,” tutur Iwan Bule.

“Namun bersabar karena proses harus dilalui, dan selesai itu semua tuntas kita akan bersurat ke FIFA untuk pergantian federasi dari federasi awal ke Indonesia,” tambahnya.

Pendaftaran pemain untuk Piala AFF 2022 akan ditutup pada 20 November mendatang. Artinya, PSSI harus bekerja ekstra cepat jika ingin Sandy Walsh dan Jordi Amat bisa membela Timnas Indonesia di ajang dua tahunan itu.

Sumber: www.viva.co.id