Bola  

Sudah Dilarang FIFA, Belgia dan Jerman Masih Kedapatan Kenakan Armband One Love di Piala Dunia 2022

Menteri Luar Negeri Belgia, Hadja Lahbib, kenakan armband One Love

Kamis, 24 November 2022 – 10:09 WIB

VIVA Bola – Piala Dunia 2022 Qatar menjadi salah satu perhelatan yang diiringi dengan sejumlah isu politik mulai dari pelanggaran HAM, Diskriminasi, hingga LGBTQ+.

Dari sejumlah isu tersebut, LGBTQ+ menjadi yang paling disorot. Mengingat, Qatar memiliki aturan negara yang konservatif sehingga memiliki aturan yang sangat keras dan mengikat terhadap wanita dan komunitas LGBTQ+.

Persoalan ini sampai membuat FIFA menetapkan larangan kepada seluruh tim, terutama dari Eropa, menggunakan ban kapten (armband) One Love selama perhelatan Piala Dunia 2022 di Qatar. Pasalnya, gerakan tersebut identik dengan dukungan terhadap gerakan LGBTQ+.

Induk federasi sepakbola dunia itu bahkan menyatakan bakal memberi kartu kuning bagi tim yang melanggar aturan tersebut. Bahkan, sebelum pertandingan dimulai.

Tapi, tetap saja ada yang membandel dengan tetap menggunakan armband One Love tersebut. Pasalnya, hanya tim yang terikat dengan aturan FIFA, sementara tidak untuk para tamu kehormatan seperti dikutip Marca.

Hal itulah yang dimanfaatkan oleh Jerman dan Belgia. Mereka tetap mengenakan armband tersebut tapi diwakili oleh para menteri negara yang datang ke stadion.

Sumber: www.viva.co.id