Bola  

Terkuak, 7 Pemain Timnas Jerman yang Gagas Aksi Protes Tutup Mulut

Pemain Timnas Jerman protes atas larangan ban kapten One Love oleh FIFA

Jumat, 25 November 2022 – 12:05 WIB

VIVA Bola – Timnas Jerman di Piala Dunia 2022 tengah menjadi sorotan. Bukan karena penampilannya yang mengesankan, melainkan karena aksi protesnya jelang melawan Timnas Jepang di laga perdana Grup E pada 23 November. 

Dalam sesi foto tim sebelum kick off, anak asuhan Hansi Flick sepakat menutup mulut mereka dengan tangan yang mengisyaratkan pembungkaman dari FIFA. 

Seperti yang diketahui, FIFA melarang penggunaan ban kapten One Love yang mendukung hak-hak LGBTQ selama Piala Dunia 2022 di Qatar. Hal tersebut disebabkan Qatar memang melarang apapun yang berkaitan dengan golongan ini.

Ban kapten One Love - ban kapten pelangi - ban kapten LGBT

Ban kapten One Love – ban kapten pelangi – ban kapten LGBT

Namun Timnas Jerman bersikeras melawan larangan FIFA. Bahkan mereka siap menerima konsekuensi berupa sanksi. Pada akhirnya ban kapten One Love tidak digunakan oleh Die Mannschaft. Mereka memilih menyindir organisasi sepakbola dunia itu melalui pose tutup mulut. 

Rupanya sebelum laga dimulai ada segelintir pemain Timnas Jerman yang melakukan pertemuan terpisah. Dilansir dari akun Twitter @iMiaSanMia, terdapat tujuh pemain, di antaranya yaitu Manuel Neuer, Thomas Mueller, Ilkay Guendogan, dan Leon Goretzka.

Selama satu jam mereka membahas beberapa ide, gerakan, serta simbol untuk aksi protes. Pada akhirnya mayoritas memilih gerakan menutup mulut. 

Sumber: www.viva.co.id