Bola  

Tingkatkan Level Sepakbola Indonesia, 24 Pelatih Ikuti Kursus Pelatih Lisensi AFC Pro

PSSI menggelar kursus kepelatihan Lisensi AFC Pro

Senin, 9 Januari 2023 – 17:53 WIB

VIVA Bola – PSSI kembali menggelar kursus kepelatihan Lisensi AFC Pro modul tiga. Modul ini dilaksanakan secara langsung alias tatap muka, yang bertempat di Kota Tangerang Selatan, Banten pada 9-19 Januari 2023.

Kursus pelatih Pro AFC adalah kursus yang tertinggi lisensinya di tingkat Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC). 

Adapun persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi untuk ikut kursus Pro AFC, yakni memiliki lisensi A AFC/UEFA dan masih aktif melatih tim/klub senior atau tim nasional.

Kursus kepelatihan Lisensi AFC Pro modul tiga ini diikuti 24 pelatih ternama Indonesia. Adapun untuk Instrukturnya, adalah Moh. Basir Instruktur FIFA – AFC.

Pria asal Singapura itu sekarang bekerja untuk Departemen Coaching Education FIFA yang dibantu oleh Yeyen Tumena dan Mundari Karya selaku asisten instruktur.

Yeyen Tumena mengatakan kursus kepelatihan Lisensi AFC Pro ini merupakan program utama PSSI untuk menambah jumlah pelatih lokal yang memiliki linsensi Pro.

“Sebenarnya program ini sudah kita kami canangkan pada 2020. Tapi karena pandemi kami tidak bisa mendatangkan Instruktur dari luar negeri,” kata Yeyen kepada wartawan.

Halaman Selanjutnya

Lebih lanjut, Yeyen mengungkapkan banyaknya jumlah pelatih Indonesia yang memiliki lisensi pro otomatis akan menaikan level sepakbola Indonesia. Hal itu sudah terbukti pada sepakbola Jepang yang saat ini berkembang pesat.

img_title

Sumber: www.viva.co.id