Bola  

Usai Tragedi Itaewon, Pemerintah Seoul Izinkan Nobar Piala Dunia 2022

ilustrasi pendukung Timnas Korea Selatan

Rabu, 23 November 2022 – 16:54 WIB

VIVA Bola – Asosiasi Sepak Bola Korea Selatan (KFA) sempat mengumumkan pembatalan street cheering alias agenda nobar Timnas Korea Selatan beraksi di Piala Dunia 2022. Hal tersebut disebabkan pada bulan Oktober lalu kota Seoul dilanda tragedi Itaewon yang menewaskan 156 nyawa.

Seperti yang sudah diketahui, tragedi Itaewon terjadi karena kawasan tersebut pada saat itu terlalu dipenuhi oleh banyak orang yang berujung saling berdesakan dan dorong-dorongan hingga luka dan kehabisan napas.

Tak mau mengulangi kejadian yang sama, KFA sepakat tidak mengadakan street cheering untuk tahun ini. Namun keputusan tersebut berubah jelang Tim Macan Asia berlaga di pertandingan pertama menghadapi Uruguay pada 24 November.

street cheering di Seoul

Dilansir dari The Korea Herald, pemerintah kota Seoul memutuskan mengizinkan menggunakan alun-alun tepatnya di Gwanghwamun Square untuk acara nobar. Tentunya acara ini diselenggarakan dengan pengamanan super ketat. 

Badan Kepolisian Korea Selatan mengumumkan bahwa pihaknya mengirimkan sekitar 600 personel ke acara nobar. Sebanyak delapan regu polisi anti huru-hara dan 41 petugas polisi tambahan akan dikerahkan untuk menjaga ketertiban di Gwanghwamun Square.

Sumber: www.viva.co.id