Bola  

Waduh, PSG Didenda karena Langgar Aturan UEFA

Selebrasi pemain Paris Saint-Germain (PSG)

Rabu, 11 Januari 2023 – 10:38 WIB

VIVA Bola – Di balik sederet pemain bintang dengan gaji tinggi di Paris Saint-Germain (PSG), rupanya mereka mencatat kerugian signifikan musim lalu. Dilansir dari Sportskeeda, kondisi tersebut muncul lantaran pengeluaran gaji pemain yang membengkak. 

Raksasa asal Prancis ini mengalokasikan gaji sebesar 730 juta euro yang belum pernah terjadi sebelumnya, angka 45 persen lebih tinggi dari rekor sebelumnya yang dipegang oleh Barcelona pada tahun 2019.

Menurut Mundo Deportivo, jumlah yang besar ini menyebabkan UEFA meluncurkan penyelidikan dan kemudian mendenda PSG sebesar 10 juta euro karena melanggar peraturan ekonomi.

Pemilik PSG, Tamim bin Hamad Al Thani (kanan)

Pemilik PSG, Tamim bin Hamad Al Thani (kanan)

Kendati demikian, Les Parisiens perlu segera mengurangi biaya. Jika gagal melakukannya, mereka akan menghadapi hukuman yang lebih berat dari badan pengatur tertinggi Eropa – denda hingga 65 juta euro. 

Pengeluaran yang disebabkan gaji tinggi ini jauh lebih besar dari catatan pengeluaran Barcelona sebelumnya. Keuangan Blaugrana memasuki kesulitan setelah terungkap bahwa mereka menggelontorkan 541 juta euro untuk gaji. 

Alokasi dana 730 juta euro untuk gaji pemain paling boros dihabiskan untuk pemain seperti Lionel Messi, Sergio Ramos, Gianluigi Donnarumma, dan Achraf Hakimi. Belum lagi pada tahun 2022 PSG memperbarui kontrak Kylian Mbappe bersama dengan pembelian pemain baru Vitinha dan Nuno Mendes.

Halaman Selanjutnya

Delapan catatan penggajian terakhir membuat Barcelona tampil di lima antaranya bersama Real Madrid, Manchester City, dan PSG yang juga masuk dalam daftar. 

img_title

Sumber: www.viva.co.id